Bagaimana Cara Mengobati Patah Pergelangan Tangan

Tidak ada yang menyangkal patah pergelangan tangan adalah cedera yang sangat menyakitkan. Namun, seburuk yang mereka rasakan, mereka jarang keadaan darurat yang mengancam jiwa. Dalam banyak kasus, tidak banyak yang dapat Anda lakukan untuk membantu di rumah. Ini akan memerlukan perjalanan ke gawat darurat (atau setidaknya ke klinik yang memiliki kemampuan untuk melakukan rontgen). Langkah-langkah berikut akan membantu Anda belajar mengenali pergelangan tangan yang patah dan memutuskan cara merawatnya.

Image result for patah tulang pergelangan tangan

Gejala

Inilah yang harus dicari untuk mengetahui apakah pergelangan tangan patah. Anda tidak harus melihat semua ini, tetapi semakin banyak Anda melihat, semakin besar kemungkinan pergelangan tangan rusak.

  • Rasa sakit
  • Pembengkakan
  • Memar
  • Kelainan bentuk
  • Mati rasa atau kesemutan
  • Kulit rusak dengan tulang terlihat
  • Mobilitas pergelangan tangan terbatas

Respon Segera

Jika kecelakaan terjadi, pastikan orang yang terluka berada di lokasi yang aman. Periksa perdarahan dan berikan tekanan pada luka terbuka sampai perdarahan berhenti. Jika perlu, luka bisa dibilas, idealnya dengan air steril atau larutan garam. Tutupi kulit yang rusak dengan pembalut steril.

Diagnosa

Diagnosis pergelangan tangan yang patah umumnya meliputi pemeriksaan fisik tangan yang terkena dan rontgen.

Tes pencitraan lainnya

Terkadang, tes pencitraan lain dapat memberikan dokter Anda lebih detail, yaitu:

CT scan. Pemindaian CT dapat mengungkap patah tulang pergelangan tangan yang terlewatkan sinar-X. Cedera pada jaringan lunak dan pembuluh darah dapat dilihat pada CT scan. Teknologi ini mengambil sinar-X dari berbagai sudut dan menggabungkannya untuk menggambarkan irisan melintang dari struktur internal tubuh Anda.

MRI. Menggunakan gelombang radio dan magnet yang kuat untuk menghasilkan gambar detail tulang dan jaringan lunak, MRI jauh lebih sensitif daripada sinar-X dan dapat mengidentifikasi patah tulang dan cedera ligamen yang sangat kecil.

Pengobatan

Jika ujung tulang yang patah tidak selaras dengan benar, mungkin ada celah di antara potongan-potongan tulang atau fragmen yang mungkin tumpang tindih. Dokter Anda perlu memanipulasi potongan kembali ke posisinya, prosedur yang dikenal sebagai pengurangan. Tergantung pada jumlah rasa sakit dan pembengkakan yang Anda miliki, Anda mungkin memerlukan bius lokal atau umum sebelum prosedur ini.

Apa pun perawatan yang Anda lakukan, penting untuk menggerakkan jari-jari Anda secara teratur saat fraktur sembuh agar tidak menjadi kaku. Tanyakan kepada dokter Anda tentang cara terbaik untuk memindahkan mereka. Jika Anda merokok, berhentilah. Merokok dapat menunda atau mencegah penyembuhan tulang.

Imobilisasi

Membatasi pergerakan tulang yang patah di pergelangan tangan Anda sangat penting untuk penyembuhan yang tepat. Untuk melakukan ini, Anda mungkin membutuhkan bidai atau gips. Anda akan disarankan untuk menjaga tangan Anda di atas level jantung sebanyak mungkin untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

Obat-obatan

Untuk mengurangi rasa sakit, dokter Anda mungkin merekomendasikan pereda nyeri yang dijual bebas. Jika rasa sakit Anda parah, Anda mungkin memerlukan obat opioid, seperti kodein.

NSAID dapat membantu mengatasi rasa sakit tetapi mungkin juga menghambat penyembuhan tulang, terutama jika digunakan dalam jangka panjang. Tanyakan kepada dokter Anda apakah Anda bisa meminumnya untuk menghilangkan rasa sakit. Jika Anda memiliki fraktur terbuka, di mana Anda memiliki luka atau luka di kulit dekat lokasi luka, Anda kemungkinan akan diberi antibiotik untuk mencegah infeksi yang dapat mencapai tulang.

Terapi

Setelah gips atau belat Anda dihilangkan, kemungkinan Anda akan membutuhkan latihan rehabilitasi atau terapi fisik untuk mengurangi kekakuan dan mengembalikan gerakan di pergelangan tangan Anda. Rehabilitasi dapat membantu, tetapi bisa memakan waktu beberapa bulan atau lebih lama untuk penyembuhan total.

Prosedur bedah dan lainnya

Anda mungkin perlu pembedahan untuk menanamkan pin, piring, batang atau sekrup untuk menahan tulang Anda di tempat saat mereka sembuh. Cangkok tulang mungkin digunakan untuk membantu penyembuhan. Opsi ini mungkin diperlukan jika Anda memiliki:

Fraktur terbuka

  • Fraktur di mana potongan-potongan tulang bergerak sebelum mereka sembuh
  • Fragmen tulang lepas yang bisa masuk persendian
  • Kerusakan pada ligamen, saraf, atau pembuluh darah di sekitarnya
  • Patah tulang yang memanjang menjadi persendian

Bahkan setelah reduksi dan imobilisasi dengan gips atau belat, tulang Anda dapat bergeser. Jadi dokter Anda kemungkinan akan memantau kemajuan Anda dengan sinar-X. Jika tulang Anda bergerak, Anda mungkin perlu dioperasi. Dalam beberapa kasus, ahli bedah akan melumpuhkan fraktur Anda dengan menggunakan perangkat fiksasi eksternal. Ini terdiri dari bingkai logam dengan dua atau lebih pin yang menembus kulit Anda dan masuk ke tulang di kedua sisi fraktur.

Sumber :

https://www.webmd.com

https://www.mayoclinic.org

https://www.verywellhealth.com

sumber gambar

Informasi Kesehatan dan Tips Kesehatan

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>